Mengadvokasi Peran Apoteker Kepada anak, IAI Kab. Soppeng Gelar Apoteker Cilik di Sekolahan, Ini Tujuannya - TEROPONG SULAWESI -->

Sabtu, 12 Oktober 2019

Mengadvokasi Peran Apoteker Kepada anak, IAI Kab. Soppeng Gelar Apoteker Cilik di Sekolahan, Ini Tujuannya

Mengadvokasi Peran Apoteker Kepada anak, IAI Kab. Soppeng Gelar Apoteker Cilik di Sekolahan, Ini Tujuannya

Teropongsulawesi.com, Soppeng, (Sulsel) - Ikatan apoteker Indonesia (IAI) kabupaten Soppeng melaksanakan kegiatan Apoteker Cilik di beberapa sekolah di kabupaten Soppeng,  Sabtu 12 Oktober 2019.

Menurut Ketua IAI Kabupaten Soppeng Amrullah, S.Farm. Apt. M.Si bahwa kegiatan ini adalah dalam rangka World Pharmacists Day 2019 (Hari Apoteker Sedunia 2019).

Kegiatan ini bertema "Safe and Effective Medicines for All atau obat obatan yang aman dan efektif untuk semua.

Amrullah menegaskan bahwa Apoteker ingin memanfaatkan momen spesial ini untuk melaksanakan kegiatan yang mepromosikan dan mengadvokasi peran apoteker dalam meningkatkan kesehatan di setiap sudut dunia melalui peningkatan  obat obatan dan mengurangi kesalahan penggunaan obat.

Lantas mengapa anak anak perlu diedukasi atau diperkenalkan tentang obat?,

Lanjutnya, Ikatan apoteker indonesia mencatat sebanyak 14,7 % anak yang disurvei pernah menyimpan obat sebagai alat permainan,  11,5% anak pernah membeli obat bebas tanpa sepengetahuan orang tua ,  31,4% anak pernah mengambil obat di rumah tanpa disuruh  orang tua , 35,6% pernah membuang obat secara sembarangan,  serta  47,5%  anak pernah meminum Obat tanpa didampingi orang tua.

"Yang memprihatinkan sebagaimana data komite perlindungan anak Indonesia (KPAI)  dari 87 Juta Populasi anak di Indonesia sebanyak 5,9 juta diantaranya menjadi pecandu narkoba.

"Hal inilah yang mendorong IAI untuk hadir mengedukasi anak agar terhindar dari penyalagunaan penggunaan obat" tuturnya.

Selanjutnya,  Amrullah mengatakan bahwa Kegiatan apocil ini bukan hanya mengejar target rekor MURI semata tetapi membekali anak anak dengan dasar yang kuat tentang cara penggunaan obat dengan tepat.

"Khusus sebelum anak anak mencapai usia remaja dan dewasa,  kami menghadirkan apoteker cilik yang bisa memahami prinsip penggunaan obat yang benar,  anak anak yang dapat mengingatkan orang tua ketika saatnya minum obat atau anak yang dapat minum obat sendiri saat di Sekolah " harapnya

Edukasi dilakukan melalui lagu,  Nyanyian,  melalui cerita dan melalui permainan  yang membawa pesan pesan tentang prinsip penggunaan obat.

Khusus di Kabupaten Soppeng,  Amrullah menambahkan, bahwa kegiatan ini diselenggarakan di 3 (tiga) SD yakni :

1. SDN 100 Dare Bunga-bungaE Kec. Lilirilau, 2. SDN 3 Lemba Kec. Lalabata, 3. SDN 7 Salotungo Kec. Lalabata  kelas V.

Kepala Sekola SDN 7 Salotungo Watansoppeng Hj. Nurhayati Merasa sangat senang dan berterima kasih atas kegiatan ini karena bisa menambah wawasan tentang nama dan fungsi obat.

Hal senada disampaikan salah Guru SDN Salotungo Armi Nugraha, S. Pd, bahwa dengan adanya kegiatan ini maka anak bisa tahu tentang obat sejak dini sehingga tidak sembarang mengkonsumsi obat dan tidak sembarang beli obat sehingga  terhindar dari penyalagunaan obat.

Salah satu Apoteker Cilik SDN 3 Lemba Watansoppeng Aniditia menyampaikan perasaan  senangnya karena bisa menjadi apoteker cilik dan mendapatkan pengetahuan tentang cara menggunakan obat sehingga jauh dari penyalagunaan obat yang bisa membahayakan diri sendiri.

Pada kegiatan ini anak   disaksikan oleh kepala sekolah,  pengajar dan para pengawas SD.

Acara diresmikan dengan pemasangan PIN Apoteker Cilik pada murid dan sosialisisi di dalam ruangan. (her). 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 TEROPONG SULAWESI | All Right Reserved