Jumat, 13 Desember 2019

Pelatihan Bela Negara Angkatan Ke III Akan Berlangsung di Desa Mattabulu

Pelatihan Bela Negara Angkatan Ke III Akan Berlangsung di Desa Mattabulu


Teropongsulawesi.com,  Soppeng (Sulsel) - Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Soppeng menyelenggarakan kegiatan peringatan Hari Bela Negara Angkatan ke III  tahun 2019 dengan acara pembukaan yang di langsungkan di Makodim 1423 Watansoppeng, Jumat 13 Desember 2019.

Acara Pembukaan  Bela Negara ini berlangsung di Kodim 1423 Soppeng, dan selanjutnya para Instruktur, Panitia pelaksana dan para peserta pendidikan/pelatihan Bela Negara akan berangkat ke Desa Mattabulu, Kec. Lalabata untuk melaksanakan seluruh rangkaian acara Bela Negara Tahun 2019 yang akan berlangsung selama tiga hari kedepan.

Acara ini di ikuti oleh 44 peserta yang terdiri dari PNS Lingkup Pemkab Soppeng, Kepala Desa dan Sekretaris Desa, serta Kepala UPT SKF se Desa Mattabulu.

Drs. Arafah AM. SMHK, M.Si selaku Ketua panitia penyelenggara
mengatakan, bahwa dasar pelaksanaan Bela Negara merujuk  pada pasal 30 ayat 1 "Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam pertahanan dan keamanan Negara”.

Adapun Tujuan dari acara Bela Negara ini yaitu memelihara dan meningkatkan kecintaan terhadap tanah air pada setiap ASN, serta memelihara dan meningkatkan semangat setiap ASN yang tangguh, disiplin, memiliki daya juang serta memiliki wawasan kebangsaan dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

Acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Soppeng,  Drs.H.A.Tenri Sessu, M.Si yang dalam sambutannya mengatakan bahwa,  salah satu faktor penting dalam revolusi kemerdekaan Tahun 1945 yaitu perjuangan mempertahankan kemerdekaan terletak pada bersatu padunya kekuatan rakyat dan kekuatan unsur dari Polisi Indonesia dalam pelaksanaannya sistem yang dikenal dengan nama sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta yang bertahan hingga saat ini"

Beliau juga menghimbau agar dilakukan tindakan dan perbaikan dalam membela NKRI serta memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Diharapkan pula agar warga negara menunaikan Hak dan Kewajiban dalam rangka menjaga kedamaian warga negara, karena kita sebagai warga negara yang baik dan cinta tanah air harus ikut serta, hal ini dapat kita mulai dari kehidupan sehari-hari baik di lingkungan
sekolah, masyarakatdan kenegaraan.

Yang turut hadir Ketua DPRD Kab. Soppeng, para Anggota Forkopimda Kab. Soppeng, para Kepala SKPD terkait, Para Alumni Bela Negara. (her). 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 TEROPONG SULAWESI | All Right Reserved