-->

Minggu, 28 Februari 2021

Bupati Soppeng Buka Secara Resmi Pelatihan Dasar Bagi 228 CPNS

Bupati Soppeng Buka Secara Resmi Pelatihan Dasar Bagi 228 CPNS


Bupati dan Wakil Bupati Soppeng bersama kepala Puslatbang KMP LAN RI Makassar Dr.Andi Taufik, M.Si saat pembukaan pelatihan dasar bagi CPNS (Foto Istimewa)

Soppeng (Sulsel), Teropongsulawesi.com, -Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak,SE secara resmi membuka pelatihan Dasar (Pra Jabatan,red) Calon Pegawai Negeri Sipil Gol.III dan II.

Kegiatan tersebut terlakasana atas kerjasama Pemkab Soppeng dan Puslatbang KMP LAN RI Makassar Tahun 2021 yang dilangsungkan di Gedung Pertemuan Masyarakat Kabupaten Soppeng Senin (1/3/2021).

Bupati A.Kaswadi Razak ,SE dalam mengawali sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pihak LAN RI atas kerjasama yang terjalin.

"Tentu yang pertama dan utama, izinkan kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kepala Puslatbang KMP LAN Republik Indonesia, pertama atas dukungan yang diberikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Soppeng dan tentunya juga ucapan selamat datang di kabupaten Soppeng, kata Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak.

Bupati Soppeng HA.Kaswadi Razak saat memberikan sambutan di kegiatan Latsar CPNS (Foto Istimewa).

"Kami merasa bahagia dan bangga atas kebijakan penunjukan satu-satunya daerah di Sulawesi Selatan di beri ruang dan kesempatan untuk melaksanakan Diklat di daerah kita ini, hal ini tentu tidak serta-merta tanpa alasan, pertama tentunya teman-teman semuanya dari lingkup yang terkait langsung bisa meyakinkan dan ini adalah sebuah kerja - kerja yang nyata, komunikasi yang baik, sipakatau, sipakalebbi dan sipakainge. Beber Kaswadi.

"Ini adalah merupakan suatu motivasi bagi kita semuanya bahwa kamipun akan melakukan komitmen yang sama dalam situasi pandemi covid-19 tentu juga kesempatan ini juga harus kami jaga dengan memperlakukan protokol kesehatan dengan ketat,

Namun demikian perlu kami sampaikan bahwa mulai hari ini juga kita di Kabupaten Soppeng sudah secara bertahap membuka sekolah-sekolah yang melalui pemantauan langsung dari tim satgas covid-19.

"Saya harapkan kepada kita semua baik yang PNS maupun CPNS peserta, mari kita sama-sama mensosialisasikan, menyampaikan program-program penanganan Satgas covid-19 jangan saudara-saudara yang menjadi provokatornya, jangan kita menjadi pemicu atau yang memberikan informasi yang tidak benar kepada masyarakat. Tutur Bupati Soppeng.

Keberadaan kita sebagai aparat tentu tidak mengenal tempat, di manapun, apalagi kita sendiri yang memilih melamar pekerjaan itu, makanya kita lakukan dengan membuka ruang dan kita meminta kepada pusat, kuota yang masih membutuhkan tenaga pengajar dan jurusan-jurusan lainya.

"Jadi saya minta betul-betul menjalankan tugas tanpa melihat di mana kita bekerja, apalagi kalau belum apa-apa sudah mencari atau kasak-kusuk untuk memohon pindah yang lebih dekat, itu tidak mungkin, kita sendiri yang membuat pernyataan tidak akan melakukan dan siap untuk bertugas selama beberapa tahun kedepan. Kata Kaswadi mengingatkan.

"Kita ini adalah harapan besar menjadi bagian yang tidak terpisahkan, yang nantinya menjadi penerus, artinya kita ini adalah harapan besar melanjutkan, kita ini adalah kader-kader yang sekarang ini kita harus persiapkan untuk menjadi aparat terbaik di masa-masa yang akan datang.

Sebagai aparat, sebagai pelayan masyarakat kita tdk boleh alergi, dan semuanya harus di jalankan dengan ketulusan dan keihklasan.

"Kepada peserta, Saya berharap agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan penuh dedikasi dan kesungguhan karena saudara adalah harapan bangsa ini dengan kerja keras dan kesungguhan tersebut akan menjadi bukti pengabdian saudara kepada bangsa dan negara serta dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan Kabupaten Soppeng, tutup Bupati Soppeng.

Kepala Pusdiklat KMP LAN RI Makassar Dr.Andi Taufik, M.Si (Foto Istimewa)

Sementara itu, Kepala Pusat Pelatihan, Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan (PUSLATBANG KMP) LAN RI Makassar Dr.Andi Taufik, M.Si dalam kesempatan itu mengatakan, Latihan dasar
(Latsar) yang kita selenggarakan di Lembaga Administrasi Negara ini hanya satu yang boleh di luar, hanya kabupaten Soppeng saja, semua harus dilaksanakan di LAN, ungkapnya.

"Satu-satunya izin yang diberikan oleh Deputi 3 untuk penyelenggaraan latsar di luar dari lembaga negara hanya Kabupaten Soppeng yang ada di Sulawesi Selatan, bebernya.

"Latsar yang kita laksanakan hari ini bukan hanya dilakukan di Indonesia semua negara yang menerima civil servant itu menyelenggarakan pelatihan dasar hanya namanya saja yang berbeda-beda di beberapa negara di Amerika menggunakan istilah induction training tapi di beberapa negara di Eropa juga menggunakan istilah free service training, di Indonesia kita menggunakan dulu dengan istilah prajabatan namun sekarang kita menggunakan istilah pelatihan dasar, pelatihan dasar ini adalah pondasi bangunan itu, seberat apapun beban dari bangunan itu tergantung dari kekuatan pondasinya ini kita antar nanti menuju ke depan, pengertian sampai 30 tahun kedepan latser ini harus menjadi pondasi yang kuat, kalau pondasinya kuat insya Allah apapun beban yang ada di atas itu bisa diterima, bisa dipikul dengan baik, karena itu menjadi peserta yang baik, disiplin, menjaga semua dengan baik sehingga bisa selesai untuk menuntaskan semua proses pelatihan ini dan bisa dinyatakan lulus untuk selanjutnya dapat diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil Republik Indonesia, jelasnya.

Kepala BPKSDM Kabupaten Soppeng Kamaruddin, SE, M.Si (Foto Istimewa).

Dikegiatan yang sama, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Soppeng Kamaruddin,SE,M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan dasar CPNS Gol.III dan II Pemerintah Kabupaten Soppeng kerjasama Pusat Pelatihan dan pengembangan dan kajian manajemen pemerintahan LAN Makassar sebanyak 228 orang dengan rincian :

Gol.III sebanyak 198 orang yang terdiri dari 5 angkatan,

 
Gol.II sebanyak 30 orang yang terdiri dari I angkatan.

Tempat dan Waktu di selenggarakan di Hotel Grand Souta dan Hotel Surya Kabupaten Soppeng dari tanggal 1Maret sampai 30 Juli 2021.

Pada saat penyelenggaraan klasikal peserta di asramakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan diberikan kegiatan penunjang kesehatan jasmani/mental berupa senam kesegaran jasmani.

Acara ini turut di hadiri wakil Bupati Soppeng Ir.Lutfi Halide,MP, Sekkab Soppeng Drs.H.A.Tenri Sessu,M.Si, para pimpinan SKPD serta para undangan lainnya (Red/Humas).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 TEROPONG SULAWESI | All Right Reserved