Sabtu, 08 Februari 2020

COPASS Comunity Gelar Pasar Hewan Perdana Bekerjasama Dinas Peternakan Kab.Soppeng

COPASS Comunity Gelar Pasar Hewan Perdana Bekerjasama Dinas Peternakan Kab.Soppeng

Teropongsulawesi.com, Soppeng (Sulsel) – Organisasi Komunitas Pedagang Sapi yang baru-baru ini terbentuk menggelar pasar Hewan yang di langsungkan di Pelleng Pellenge Cangadi Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng, Ahad 9 Januari 2020.

Kegiatan yang dibgelar komunitas COPASS ini bekerja sama dengan Dinas Peternakan  Keswan dan Perikanan Kabupaten Soppeng. 

Komunitas Pedagang Sapi ini yang lebih di kenal COPASS Community (Comunitas Pedagang Sapi Soppeng) dalam kegiatan perdanya beromzet 1,2 milyar dengan nilai transaksi 400 juta, diantaranya sapi 3 ekor terjual 58 juta kepada pembeli dari Bone.

Pasar hewan edisi perdana tersebut diikuti oleh 42 armada pedagang sapi yang tergabung dalam COPASS Comunity pedagang sapi soppeng.

Selain Sapi nampak ternak Kuda di bawah oleh para pedagang yang hadir.

”Alhamdulillah hari ini untuk pertama kalinya dalam sejarah dilaksanakan pasar hewan dengan partisipasi dan nilai transaksi yang cukup menggembirakan, ungkap  Kabid Peternakan Haeruddin, SP.

Selain itu kata Haeruddin, Pembeli dan pedagang sangat antusias berdatangan dari berbagai kecamatan dan bahkan beberapa diantaranya berasal dari Bone, Sidrap dan Wajo, sebutnya.

Armada COPASS (Foto Red) 

Sementara itu Kadis Peternakan  Keswan dan Perikanan Kabupaten Soppeng Ir.Erman Asnawi mengatakan bahwa Pada pasar hewan ini juga dilakukan penyuluhan, pelayanan penyakit serta pemeriksaan kebuntingan dan inseminasi buatan, papar  Alumni Fakultas Peternakan IPB Bogor ini.

Ke depan lanjut Erman Asnawi bahwa, Pada pasar hewan berikutnya akan disiapkan transaksi non tunai bekerjasama dengan BRI, pungkasnya.

Selain di hadiri Kadis Peternakan, keswan dan perikanan Ir. Erman Asnawi yang didampingi Kabid Peternakan, Kabid Keswan dan Staf juga di hadiri Kadis Koperidag dan Staf Ahli Kementan yang kebetulan melintas di lokasi kegiatan tersebut.

Untuk diketahui Sesuai permintaan pedagang, pasar hewan akan dilaksanakan setiap hari Minggu.(Red). 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 TEROPONG SULAWESI | All Right Reserved