Senin, 05 Oktober 2020

Dandim 1423 Soppeng Mengajak Ketua IWO Melihat Jenis Tanaman Budidaya Anggur

Dandim 1423 Soppeng Mengajak Ketua IWO Melihat Jenis Tanaman Budidaya Anggur


TEROPONGSULAW SI.COM, SOPPENG (SULSEL),- Setelah selesai penerimaan tamu dalam rangka Hut TNI Ke-75, Dandim/1423 Soppeng Letkol Inf Richard Marihot Butarbutar, S.Ap. M.Tr (Han) menyempatkan wawancara Eksklusif bersama Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Soppeng Andi Mull Makmun.

Dandim 1423/Soppeng yang dikenal Inovatif, ramah dan merakyat ini, mengatakan dalam memimpin Kodim 1423/Soppeng dirinya ingin memberikan karya terbaiknya untuk Soppeng. Dia katakan sangat bersyukur bisa bertugas di Soppeng, yang mana masyarakat Soppeng begitu ramah dengan kultur budayanya yang kuat dan mempuyai keunggulan utama yakni pertanian, tuturnya

Dalam kesempatan itu Dandim soppeng mengutarakan jika dalam kesehariannya selalu memikirkan bagai mana menambah keunggulan Kab. Soppeng yang kita cintai bersama ini, ia inginkan selain dikenal sebagai penghasil padi terbaik juga dikenal dengan keunggulan lain.

"Olehnya saya telah membuat terobosan baru dengan membuka lahan pertanian berkonsep agribisnis memanfaatkan lahan yang tidak produktif tepatnya di Desa Lompulle, lahan dengan seluas 50 hektar tersebut, saya buat budidaya semua semua jenis buah buahan, mulai dari mangga, durian, lengkeng, anggur dan semua jenis buah ada disana, yang nantinya Kab. Soppeng yang kita cintai ini, mempuyai tempat rekreasi baru, menikmati buah buahan segar".


Nantinya pengunjung akan menikmati berbagai jenis buah buahan yang ditanam disana, pastinya mereka juga berniat membeli berbagai macam bibit tanaman buah yang ada disana. Bukan itu saja, pengunjung juga pastinya akan menikmati bersuafoto di taman buah itu. Sejuknya suasana pedesaan sambil menikmati buah, nanti kita bareng bersama kesana melihatnya, terangnya.

Dandim Soppeng pun sembari beranjak mengajak ketua IWO Soppeng memperlihatkan jenis tanaman budidaya anggur yang ditanam pas ditengah Mako Kodim/1423 Soppeng, yang didalamnya ada 13 jenis paritas budidaya anggur yang dikembangkan oleh orang no satu dijajaran Kodim 1423/Soppeng ini.

Ucapnya "ini adalah metode untuk menambah penghasilan dan kesejahteraan petani, dengan memberikan percontohan kemasyarakat petani bahwa di Soppeng ini teryata kita bisa membudidayakan anggur berbagai paritas, ada 13 jenis anggur yang ditanam, satu lokal, dan selebihnya impor, setelah kami experiment, teryata kesemuanya berhasil tumbuh subur dan hasilnya sangat memuaskan", tukasnya.

Nanti bibitnya akan kita kembang biakkan kalau ada petani berminat menanamnya untuk dikembang biakkan kami akan berikan untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Soppeng, pungkas Dandim menutup wawancara.

"Untuk diketahui Dandim/1423 Soppeng Letkol Inf Richard Marihot Butarbutar, S.Ap. M.Tr (Han) atas ketegasan dan strategi yang ditempuh sehingga Soppeng pernah terbebas covid 19, dalam status zero, meskipun kemudian kembali muncul warga terpapar karena masih adanya warga yang kurang disiplin, atau warga yang datang dari luar daerah yang tidak melaporkan diri, yang kemungkinan tidak terdeteksi diawal kedatangannya di wilayah Kabupaten Soppeng. Apresiasi lainnya kepeloporan dan sinergitasnya bersama warga Kecamatan Marioriawa Desa Bulue yang merintis jalan tembus Soppeng-Barru".

( Hawaya,IWO)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 TEROPONG SULAWESI | All Right Reserved