-->

Minggu, 07 Maret 2021

Mengintip Keindahan Air Sumur Jodoh/Beccewe di Abbarange Gattareng Soppeng

Mengintip Keindahan Air Sumur Jodoh/Beccewe di Abbarange Gattareng Soppeng


Lokasi: Abbarange, Desa Gattareng, Kec. Marioriwawo Kab. Soppeng (7/3/2021)

Soppeng (Sulsel), Teropongsulawesi.com, -Sumur jodoh merupakan objek wisata di Abbarange yang menawarkan keindahan panorama alam yang masih asri disertai mitosnya yang legendaris, dapat menyedot banyak wisatawan untuk berkunjung.

Sulawesi Selatan mempunyai keindahan alam yang sangat mengagumkan, menawan serta sejuk dipandang oleh mata. Mulai dari berbagai pantai yang eksotis, taman di bawah laut yang mempesona, hingga deretan air terjun yang cantik juga ada di provinsi yang memiliki ibukota Makassar ini. Berbicara mengenai sumur jodoh tepatnya di Kabupaten Soppeng terdapat Sumur jodoh atau biasa di sebut juga Beccewe yang terkenal dengan mitos legendarisnya. Penasaran? Yuk Simak ulasannya berikut.

Di balik namanya yang unik, yaitu Sumur Jodoh, (Becce we) tersimpan cerita atau mitos yang legendaris dan terkenal di Gattareng dan sekitarnya. Mitos tersebut terus hidup dan menggaet banyak wisatawan untuk berdatangan.

Berdasarkan penuturan warga sekitar tempat ini, air terjun tersebut telah ditemukan sejak tahun 1970 oleh seorang masyarakat daerah setempat.

Adapun cerita yang beredar di tengah-tengah kalangan masyarakat sekitar, konon dahulu ada seorang pemuda yang belum bertemu dengan seorang pendamping hidupnya, pergi berjalan di tengah hutan dan menemukan sumur jodoh itu atau biasa dikenal dengan sebutan Becce we.

Di situlah awal mula dinamakan nya sumur jodoh (Becce we), di karenakan seorang pemuda tersebut turun untuk mandi di bawah aliran air terjun tersebut. Di mana di bawahnya ada genangan air yang berbentuk kolam, Setelah seharian berjalan dan merasa gerah maka si pemuda itu langsung turun kedalam genangan air yang berbentuk kolam itu untuk mandi dan menghilangkan kegerahan yang dirasakannya.

Setelah berselang beberapa hari setelah mandi di Beccewe. Pemuda itupun tanpa sengaja bertemu dengan seorang wanita yang di nanti nantikan selama ini dan segera mempersuntingnya untuk menjadikannya seorang istri.

Setelah cerita atau mitos tersebut beredar luas, banyak orang yang berbondong-bondong mengunjungi sumur Jodoh (Becce we).

Ada yang hanya sekedar ingin berkunjung untuk menikmati kesejukan air terjun, namun ada juga yang mencoba peruntungan mencari jodoh seperti yang dikisahkan dalam mitosnya.

Bahkan hingga saat ini air terjun tersebut masih dikunjungi orang, baik dari wisatawan lokal, maupun para wisatawan dari luar daerah.

Sumur Jodoh ini memiliki suasana alam yang masih begitu asri dan alami, ditambah dengan kesejukan udara serta suasananya yang tenang serta jauh dari hiruk pikuk perkotaan, akan sanggup membuat semua peluh anda terhapus ketika berada di sini.

Ketika memasuki area air terjun, anda akan menemukan dua undakan, dimana masing-masing undakan tersebut memiliki kolam alami yang berada tepat di bawahnya.

Published : Ismail




Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 TEROPONG SULAWESI | All Right Reserved