Miris, Sekeluarga Tinggal di Gubuk Reyot Tak Pernah Tersentuh Bantuan Pemerintah Desa - TEROPONG SULAWESI -->

Jumat, 10 November 2023

Miris, Sekeluarga Tinggal di Gubuk Reyot Tak Pernah Tersentuh Bantuan Pemerintah Desa

Miris, Sekeluarga Tinggal di Gubuk Reyot Tak Pernah Tersentuh Bantuan Pemerintah Desa


Rumah Kebun Yang Ditumpangi DS

Soppeng Sulsel Teropongsulawesi.com,- Program pemerintah berupa bantuan sosial (Bansos) merupakan bagian dari usaha guna menyejahterakan masyarakat, namun beda di salahsatu Desa di Soppeng di duga anak tirikan warganya sendiri.

Mirisnya, warga inisial DS (33) Alamat Dusun Kabuttu Desa Gattareng Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng, sangat layak menerima Bansos PKH akan tetapi hal itu tidak sesuai dengan realita di lapangan, justru DS tersisihkan dari daftar penerima PKH di Desanya.



"Belum ada bantuan sampai kepada kami Pak, ucapnya dengan air mata berlinang. Jumat 10/11/2023.

DS yang tinggal menumpang di rumah kebun milik warga ini bersama istri dan ke empat anaknya satu diantaranya masih balita yang baru berumur beberapa hari tinggal tanpa adanya penerangan listrik.

DA berujar, Semenjak adanya keluar yang namanya bansos baik itu PKH, BLT dan BNPT, DS dan keluarga nya ini tidak pernah mendapatkan perhatian dari pemerintah desa setempat padahal ketika ada pendataan DS selalu menyetorkan data-data nya dengan harapan keluarga nya juga bisa memperoleh bansos seperti masyarakat yang ada disekitar, tambahnya.

Lebih lanjut, beberapa waktu lalu, DS hanya mempertanyakan kenapa dirinya tidak pernah mendapatkan bansos sedangkan anak dari kades sendiri yang jelas merupakan salah satu perangkat desa dan seorang oknum anggota BPD juga bisa mendapatkan bansos yang sama.

Mungkin kah bansos ini hanya untuk kepentingan golongan atau kelompok,

Diketahui,amanat dalam Inpres Nomor 7 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Program Simpanan Keluarga Sejahtera, Program Indonesia Pintar, dan Program Indonesia Sehat untuk Membangun Keluarga Produktif.

Program-program bansos untuk rakyat mencakup Program Indonesia Pintar (PIP), Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bansos Rastra/ Bantuan Pangan Non Tunai.

Perluasan program bantuan sosial merupakan komitmen pemerintah untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan. Namun, apakah pemberian bansos itu sudah sesuai dengan sasaran.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 TEROPONG SULAWESI | All Right Reserved