Praktik Pembelajaran Matematika dengan Corong Hitung Diminati Siswa SDN 7 Salotungo - TEROPONG SULAWESI -->

Selasa, 04 Juni 2024

Praktik Pembelajaran Matematika dengan Corong Hitung Diminati Siswa SDN 7 Salotungo

Praktik Pembelajaran Matematika dengan Corong Hitung Diminati Siswa SDN 7 Salotungo

Soppeng, Teropongsulawesi.com, Dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dan pembagian, dua siswa kelas II C, Andi Khayla Almira Maritsa dan Muhammad Rafasyah Alghifari, mempraktikkan pembelajaran matematika menggunakan corong hitung. Kegiatan ini dilakukan setelah mereka mendapatkan materi dari guru kelas mereka di SDN 7 Salotungo. Selasa (4/6/2024). 

Pada sesi pembelajaran ini, Andi Khayla dan Muhammad Rafasyah memperlihatkan kepada teman-temannya cara menggunakan corong hitung untuk mempermudah proses perkalian dan pembagian. Corong hitung merupakan alat bantu yang dirancang untuk memvisualisasikan operasi matematika, sehingga siswa dapat lebih mudah memahami konsep-konsep tersebut.

Guru kelas II C, Andi Wahdiati, S. Pd, SD, yang memandu kegiatan ini, menjelaskan bahwa penggunaan corong hitung dapat membantu siswa menguasai materi dengan lebih cepat dan efektif. "Dengan corong hitung, siswa dapat melihat langsung proses perkalian dan pembagian, sehingga konsep yang abstrak menjadi lebih konkret dan mudah dipahami," ujarnya.

Siswa-siswa lain tampak antusias mengikuti penjelasan dan demonstrasi yang dilakukan oleh Andi Khayla dan Muhammad Rafasyah. Mereka juga diberi kesempatan untuk mencoba sendiri menggunakan corong hitung dalam menyelesaikan soal-soal matematika.

Pengawas Gugus 1 Soppeng mengapresiasi metode pembelajaran inovatif yang diterapkan oleh guru dan siswa. "Penggunaan alat bantu seperti corong hitung dalam pembelajaran matematika sangat efektif dalam membantu siswa memahami konsep dengan lebih baik. Kami berharap metode-metode inovatif seperti ini dapat terus dikembangkan di SDN 7 Salotungo," katanya.

Dengan praktek langsung yang dipandu oleh guru dan melibatkan siswa secara aktif, SDN 7 Salotungo terus berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.

(Red). 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 TEROPONG SULAWESI | All Right Reserved